Cara Mudah Relock Bootloader dan Unlock Bootloader Sony Xperia via Flashtool

Disini Xperiaedge jelaskan bagaimana cara unlock bootloader dan relock bootloader sony xperia dengan cara yang dan pastinya aman diterapkan.
Pada setiap pembelian unit baru perangkat sony xperia apapun tipenya sony pasti mengunci bootloader (lock bootloader) perangkat-perangkat xperia tersebut. Yang mana sony sendiri bermaksud agar pengguna perangkat xperia tetap menggunakan xperia seperti yang dikeluarkan pabrik sony itu sendiri tanpa adanya modifikasi software pabrikan.  



Namun banyak para pengguna yang tidak puas dengan software pabrikan tersebut. Sehingga para pengguna ingin memodifikasi sistem perangkat xperia. Langkah yang pertama kali dilakukan adalah unlocking bootloader. Untuk unlocking bootloader kita harus meminta persetujuan sony agar dapat melakukannya. Bagaimana caranya? Simak tutorialnya dibawah ini.

Mendapatkan Kode Unlock Bootloader

1. Ketik *#*#7378423#*#* buka configuration lihat status bootloader unlocked allowed. Jika tulisannya yes silahkan lanjutkan ke tahap 2. Jika no silahkan matikan proteksi xperia pada pengaturan>keamanan> proteksi xperia. Jika sudah dimatikan cek kembali apakah sudah yes. Apabila masih no urungkan saja niat sobat untuk unlock bootloader sony xperia. Apapun cerita xperia yang bootloader unlocked allowed nya no tidak bisa di unlock bootloadernya.

2. Buka situs sony developer isi form yang disediakan pilih tipe perangkat sony xperia sobat, masukan imei perangkat xperia sobat. Untuk cara mengecek imei ketik *#06#. centang persetujuannya juga. Jika sudah klik submit. Maka kode unlock akan muncul. 




Sebelum melakukan eksekusi aktifkan dulu opsi usb debugging xperia sobat. Cara nya buka pengaturan>opsi pengembang>centang opsi usb debugging dan buka kunci oem. Jika tidak ada opsi pengembang nya. Buka pengaturan>tentang ponsel>klik 5x-7x pada nomor bentukan nya. Jika sudah, seharusnya opsi pengembang sudah ada. Silahkan aktifkan usb debugging dan buka kunci oem.

Cara Unlock Bootloader Dengan Flashtool


1. Siapkan pc windows atau linux. Untuk pc windows disarankan windows 7 agar mudah penginstalan driver. Untuk linux disarankan menggunakan ubuntu. Pastikan juga pc terkoneksi dengan internet.

2. Siapkan kabel usb.

3. Download dan instal flashtool beserta drivernya. Untuk caranya klik pada artikel dibawah ini.


4. Setelah terinstal dengan benar. Buka flashtool klik logo “BLU”. Maka pop up perintah untuk mengkoneksikan xperia ke pc akan muncul. 




Hubungkan perangkat xperia ke pc dengan usb sambil menekan volume bawah (flashmode). 



Tunggu sejenak apabila pop up sudah hilang berarti driver xperia sobat sudah terinstal, xperia sudah terdeteksi dan siap untuk unlock bootloader. setelah itu pop up untuk memasukkan kode akan muncul

5. Masukan kode yang sudah sobat dapatkan disitus sony tadi.


7. Apabila berhasil maka akan ada tulisan "Unlock Finished" di log flashtool. jika tidak ada berarti gagal silahkan cek "usb debugging" dan "buka kunci oem" di pengaturan>opsi pengembang. 

Jika sudah berhasil silahkan cek lagi *#*#7378423#*#* apakah sudah ada tulisan "bootloader unlocked yes" bukan "bootloader unloacked allowed yes"

Sebenarnya ada satu cara lagi untuk unlocking bootloader sony xperia tetapi tidak saya post disini. Karena, lumayan rumit dan lebih mudah menggunakan flashtool. Sekian tutorial unlock bootloader sony xperia. Semoga membantu sobat-sobat yang membutuhkan. Jika ada pertanyaan terkait tutorial unlock bootloader sony xperia silahkan berkomentar dikolom yang admin sediakan dibawah.