Tips Mengatasi Ghost Touch Layar Nyentuh Sendiri Pada Sony Xperia


pada kesempatan kali ini Xperiedge akan membagikan sebuah tutorial bagaimana cara mengatasi Ghost Touch pada sony xperia. Seperti pengalaman Xperiedge, Xperiedge pernah mengalami Ghost Touch pada xperia z3 docomo dan xperia zr layar nyentuh-nyentuh sendiri.

Xperiedge dapat mengatasi nya tanpa harus mengganti touchscreen dan lcd. Xperiedge tidak menjamin tutorial yang akan Xperiedge berikan akan menyembuhkan Ghost Touch di xperia sobat. Sebelum mengganti lcd dan touchscreen nggak ada salahnya kan untuk mencoba cara yang Xperiedge berikan.


Sebelumnya Xperiedge jelaskan dulu. Ghost Touch terbagi menjadi dua kondisi

Kondisi 1. Misstouch atau salah sentuh. Misalnya sobat menyentuh tombol home yang tersentuh malah tombol recent atau back.

Kondisi 2. Ghost Touch. Layar Nyentuh-nyentuh sendiri walaupun sedang tidak disentuh.

Disini Xperiedge akan menjelaskan dua cara yaitu mengatasi Ghost Touch karena keruskan software dan hardware. Apabila sobat tidak mengetahui Ghost Touch terjadi karena hal apa. Maka silahkan fix dulu dengan cara fix software apabila belum sembuh coba dengan fix hardware apabila masih belum sembuh silahkan ganti touchscreen. Biasanya touchscreen xperia satu paket dengan lcd. Silahkan ganti keduanya.

Mengatasi Ghost Touch Karena Keruskan Software

Ghost Touch sendiri bisa terjadi karena keruskan software ataupun ada aplikasi yang membawa virus ke xperia sobat.

Apabila Ghost Touch Berada Pada Kondisi 1

-Colokkan mouse komputer ke xperia sobat menggunakan kabel otg. Sekarang xperia sobat sudah bisa diakses menggunakan mouse.

-Buka pengaturan>aplikasi. Lalu hapus aplikasi yang tidak ada nama atau logo nya. Ataupun sobat bisa menghapus aplikasi yang terakhir kali diinstal sebelum Ghost Touch terjadi. Setelah menghapus aplikasi yang Xperiedge sebutkan Ghost Touch belum sembuh juga maka silahkan flash sony xperia sobat.

Apabila Ghost Touch Berada Pada Kondisi 2.

-Karena Xperia tidak bisa disentuh sama sekali maka Silahkan flash Xperia sobat. Apabila masih belum sembuh maka bisa jadi xperia mengalami kerusakan hardware.

Mengatasi Ghost Touch Karena Keruskan Hardware


Siapkan pemantik korek api.



1. Arahkan kabel pemantik yang mengalirkan listrik itu ke layar xperia.

2. Lalu tekan pemantik tersebut di setiap sudut layar, tengah, pinggir layar, boleh juga dilakukan secara sembarang.

3. Cek touchscreen nya apakah masih nyentuh-nyentuh sendiri. Apabila masih nyentuh-nyentuh sendiri berarti touchscreen nya harus diganti. Memang cara ini terdengar agak lucu tapi Cara ini berhasil Xperiedge terapkan pada sony xperia zr.

Demikianlah tutorial mengatasi Ghost Touch pada sony xperia. Xperiedge tidak bertanggung jawab apabila terjadi kerusakan pada xperia sobat. Semoga tutorial diatas dapat membantu sobat-sobat semua. Jika sobat masih bingung atau belum mengerti silahkan berkomentar pada kolom yang Xperiedge sediakan dibawah.