Tutorial Root Sony Xperia Z1 (C6903, C6902) dan Xperia Z1 Docomo (SO-01F) Serta Replace Kinguser dengan SuperSU Tanpa PC

Pada postingan ini, xperiaedge akan membagikan tutorial root Xperia Z1 dan Xperia Z1 Docomo. Tanpa PC dan Mudah diterpakan
Pengguna Xperia Z1 saat ini, kami yakin pasti sangat banyak memiliki keluhan terhadap Xperia nya. Pastinya, walaupun Sony Xperia Z1 merupakan smartphone flagship pada zamannya ia juga bisa termakan zaman sehingga banyak keluhan yang dirasakan oleh para pengguna nya.

Sudah pasti keluhan itu berupa overheating issue pada xperia ini. Untuk mengatasi hal tersebut kam sendiri mengakalinya dengan mengoprek-oprek sistem smartphone ini. Untuk mengopreknya maka kita membutuhkan izin yang kerap di kenal dengan akses root.

Singkatnya bisa dikatakan akses root merupakan salah satu upaya untuk mengubah file-file atau mengoprek software pada suatu smartphone. Banyak sekali diluar sana aplikasi-aplikasi pihak ketiga yang dapat sobat gunakan untuk meminimalisir keluhan tersebut. Seperti, Modul Xposed, Greenify, Kernel Auditor, Titanium Backup, dll. Tentunya aplikasi-aplikasi tersebut membutuhkan akses root agar dapat di jalankan.



Berdasarkan pengantar diatas, kali ini, xperiaedge akan membagikan tutorial bagaimana cara mendapatkan akses root pada Sony Xperia Z1 dan Xperia Z1 Docomo. Tutorial ini dapat di terapkan pada kedua perangkat yang telah disebutkan dan pada posisi versi android Jelly Bean, Kitkat, dan Lollipop.

Mari langsung saja.


Pra-root Sony Xperia Z1 dan Xperia Z1 Docomo


1. Siapkan Xperia Z1 Compact dengan baterai lebih dari 30%.
2. Pastikan Xperia Z1 terhubung dengan internet. Boleh menggunakan kuota atau sambungan Wi-fi.
3. Download aplikasi kingroot 4.5.2 disini. Lalu langsung instal aplikasi kingroot nya. Apabila terdeteksi dapat membahayakan abaikan saja. Aplikasi ini tidak berbahaya dan bukan virus.
4. Download file replace Kingroot dengan SuperSU disini
5. Download RAR disini.
6. Download Terminal Emulator disini.

Tutorial Root Sony Xperia Z1 dan Xperia Z1 Docomo


1. Buka kingroot dengan koneksi internet aktif.
2. Tekan tombol bulat ditengah kingroot untuk mendapatkan akses root. Tunggu saja prosesnya. Apabila saat proses Xperia Z1 melakukan restart sendiri, jangan panik!, buka lagi kingroot lanjutkan lagi prosesnya.
3. Taraa,,, Xperia Z1 sudah berhasil di root.

Setelah berhasil mendapatkan akses root, maka selanjutnya kita mengganti Kinguser dengan SuperSU. Kinguser merupkan Superuser yang dihasilkan oleh Kingroot. Fungsi Superuser sendiri yaitu sebagai tempat mengelola perizininan akses root.

Berdasarkan pengalaman penulis sendiri Kinguser memakan lebih banyak daya, ram, dan banyak iklan oleh karena itu kita harus mengganti nya dengan SuperSU. Kelebihan menggunakan SuperSU sendiri yaitu tidak terdapat iklan dan sangat mudah disgunakan. Ok, kami kira sobat sudah mengerti. Mari kita lanjutkan dengan tutorial replace Kinguser dengan SuperSU.

Tutorial Mengganti atau Replace Kinguser dengan SuperSU


1. Ekstrak file replace yang telah di download tadi dengan Aplikasi RAR. Eksrtak di luar folder di memori internal. Pastikan Hasil ekstrakan berbuntuk folder dan bernama mrw


2. Buka terminal emulator lalu masukkan perintah
su
Lalu enter, makan muncul pop-up perizinan mendapatkan akses root. pilih "izinkan" atau "grant"


3. Masukkan lagi perintah
 sh /sdcard/mrw/root.sh
 Enter. Maka script pada terminal emulator akan berjalan. Tunggu saja prosesnya. Jika sudah berhasil maka SuperSU akan terbuka secara otomatis.



4. Jika muncul pop up untuk update binary pada SupeSU. Update saja binary nya


Sampai disini kita sudah berhasil mendapatkan akses root pada Xperia Z1 dan Z1 Docomo serta Replace Kinguser dengan SuperSU. Sekarang sobat sudah bisa mengoprek Xperia dengan leluasa. JIka sobat memiliki banyak pertanyaan silahkan berkomentar pada kolom yang kami sediakan dibawah.