Cara Mudah Root dan Pasang TWRP Xperia Z5 single (E6653), Z5 Dual (E6633), Z5 Au (SOV32), Z5 Docomo (SO-01H), dan Z5 softbank (501SO)

Xperiaedge kali ini akan membagikan tutorial root dan pasang TWRP Xperia Z5 series yakni Z5 single, Z5 Dual, Z5 AU, Z5 Docomo, dan Z5 Softbank
Bosan dengan smartphone sony xperia z5 sobat yang monoton gitu-gitu terus? tampilan dan fitur-fitur nya gitu-gitu aja? sekarang saatnya sobat beralih menjadi seorang opreker. Jadikan xperia sesuai dengan yang sobat inginkan. Lampaui batas mu wahai anak muda!!

Memang ada kalanya kinerja smartphone terus berkurang tampilan pun mulai membosankan. kadang tiba kepincut dengan merek sebelah. Percayalah dengan melakukan rooting dan melakukan personlisasi dapat mengurangi masalah-masalah tersebut. 

Tutorial rooting kali ini yaitu pada smartphone sony xperia Z5 single, xperia Z5 Dual, Xperia Z5 Docomo, Xperia Z5 au, dan Xperia Z5 Softbank.



Tutorial ini wajib menggunakan firmware Xperia Z5 global android nougat 7.1.1 dengan build number 32.4.A.1.54 baik Single SIM (E6653) maupun Dual SIM (E6633).Jadi Untuk Xperia Z5 docomo, Z5 AU, dan Z5 Softbank wajib flash firmware global nougat 32.4.A.1.54 terlebih dahulu agar bisa di root.



Tutorial ini sudah tested pada Xperia Z5, Xperia Z5 Dual, Xperia Z5 AU dan Xperia Z5 Softbank. Untuk Xperia Z5 Docomo kami belum tes dikarenakan kami tidak memiliki Xperia Z5 Docomo UBL YES. UBL YES wajib untuk melakukan rooting. Untuk Cek UBL silahkan ketik di dial telpeon xperia *#*#7378423#*#* dial. maka akan muncul service menu lalu pilih konfigurasi maka status bootloader akan terlihat jika UBL=Yes bisa di root dan Jika UBL= NO lembiru. :D

Pra-rooting Xperia Z5, xperia Z5 Dual, Xperia Z5 Docomo, Xperia Z5 au, dan Xperia Z5 Softbank. 


1. Sudah Unlock Bootloader. Jika belum unlock bootloader silahkan unlock dahulu. Ini Wajib!!!! untuk seri Xperia Mulai Z3 Plus keatas wajib melakukan unlock bootloader sebelum melakukan rooting beda dengan seri xperia Z3 kebawah.

2. Siapkan PC dan kabel USB. Untuk PC usahakan windows 7 biar nggak repot dalam proses instalasi driver dan untuk kabel USB usahkan juga yang masih bagus bukan yang abal-abal dan nyetrum.

3. Download ADB Setup/minimal adb disini. Setelah didownload langsung instal. Untuk cara instalnya Buka ADB Setup kemudian ketik saja "Y" lalu tekan "enter" di setiap pertanyaan yang diberikan. Apabila muncul pop up komfirmasi instalasi driver pilih saja "install anyway" cek gambarabiar lebih jelas



4. Download patched kernel xperia Z5 (E6653) disini dan Xperia Z5 Dual (E6633) disini.

5. Download TWRPZ5 disini.

6. Pindahkan file patched kernel dan TWRPZ5 ke dalam folder adb di drive C>adb. Folder adb ini akan ada apabila sobat telah berhasil menginstal adb setup tadi. 

5. Download Magisk disini atau SuperSU disini. Letakkan file di memori internal xperia sobat,

Tutorial Root dan Pasang TWRP  Xperia Z5 single, Z5 Dual, Z5 Au, Z5 Docomo, dan Z5 softbank.

1.  Buka folder adb. tekan shift didalam folder tersebut. lalu klik kanan pilih opsi "open command windows here" maka cmd akan terbuka.

2. Hubungkan Xperia sobat ke PC menggunakan kabel USB dalam mode fastboot. Untuk masuk mode fastboot. Matikan Xperia sobat. Lalu hubungkan xperia sobat ke PC sambil menekan volume atas. apabila sudah terkoneksi maka led biru akan menyala.

3. Pada CMD ketik

Untuk Z5 single SIM (E6653) atau Docomo, AU, dan Softbank
fastboot flash boot bootz5single.img
 Untuk Z5 Dual SIM (E6633)
fastboot flash boot bootz5dual.img
lalu enter, kemudian ketik lagi
fastboot flash recovery TWRPZ5.img  
bootz5single.img dan bootz5dual.img adalah nama patched kernel tadi dan TWRPZ5.img adalah twrp recovery yang sudah sobat download tadi lalu dipindahkan ke dalam folder adb. Jadi, apabila sobat menggunakan file yang lain (diluar xperiaedge) pastikan sobat memindahkan filenya ke folder adb lalu meyesuaikan nama yang diketik pada cmd dengan nama file.

Apabila sudah ada tulisan "okay", "done" atau "succes" pada cmd berarti sobat sudah berhasil menginstal patched kernel dan TWRP recovery pada xperia sobat. selanjutnya kita sudah siap melakukan rooting.

4. Cabut kabel USB lalu hidupkan xperia sobat. pada saat xperia soba booting maka akan hidup led  (tidak seperti biasanya). pada saat led tersebut hidup tekan "volume atas" dengan cepat berkali-kaliuntuk masuk recovery

5. Apabila sudah masuk ke TWRP recovery. pilih instal zip. pilih file Magisk atau supersu yang telah didownload tadi. lalu swipe ke kanan untuk menginstal file nya. setelah penginstalan berhasil reboot xperia sobat. Selamat Xperia sobat sudah berhasil di root.

Demikian Tutorial Root dan Pasang TWRP Xperia Z5 single, Z5 Dual, Z5 Au, Z5 Docomo, dan Z5 softbank. Jika sobat mengalami kesulitan dalam memahami tutorial diatas Xperiedge siap membantu. silahkan berkomentar pada kolom yang xperiaedge sediakan dibawah.