Tutorial Flash Sony Xperia XZ Softbank (601SO) dengan Firmware Global Xperia XZ (F8331)

Pada Postingan ini, XPeriaedge akan mengupas tuntas bagaimana cara flash Sony Xperia XZ Softbank 601SO dengan frmware global Xperia XZ F8331
Smarphone Sony Xperia XZ merupakan salah satu smartphone flagship Xperia pada tahun 2016. Smartphone ini diproduksi dengan dua varian yaitu Global dan Japan Set. Varian global ialah Smartphone Sony yang diproduksi untuk pasar seluruh dunia sedangkan Japan Set ialah yang hanya masuk ke Jepang saja. Varian Japan set diantaranya Docomo, AU, dan Softbank.

Docomo, Au, dan Softbank merupakan operator seluler Jepang. Jad, jika sobat mendengar Smartphone Sony Xperia XZ Docomo berarti Xperia tersebut di produksi untuk pasar Jepang dan di bundling atau di set oleh operator seluler Docomo begitu juga dengan AU dan Softbank.

Selengkapnya sobat bisa baca
Apa itu Docomo? Mengenal Lebih Dalam Smartphone Docomo, au, dan Softbank
Tips Ampuh Membedakan Xperia Global dengan Japan Set (Docomo, Au, dan Softbank)



Disini, xperiaedge akan membagikan tutorial bagaimana cara flash Sony Xperia XZ Softbank dengan menggunakan firmware global.

Flashing merupakan salah satu upaya mengupgrade, downgrade, mereset, mengatasi kerusakan software, dll.

Mungkin inilah beberapa alasan mengapa Xperia XZ Softbank sebaiknya di flash ke firmware global

1. Terlalu banyak bloatware atau aplikasi bawaan yang sangat tidak diperlukan pada stock firmware Xperia XZ Softbank. Bukan hanya itu, bahkan ada beberapa aplikasi yang tidak bisa di nonaktifkan paksa melalui pengaturan . Akibatnya, aplikasi berjalan di latar belakang dan tentunya ini akan sangat menguras baterai.

2. Terlalu banyak tulisan Jepang pada ikon aplikasi. Tulisan-tulisan ini sangat mengganggu pandangan mata. Sebenarnya aplikasi yang bertulisan Jepang ini bisa diakali dengan menonaktifkan aplikasi di pengaturan. Sayangnya, seperti poin pertama tadi, tidak semua aplikasi bisa di nonaktifkan.

3. Telat atau tidak mendapatkan update terbaru. Pada Xperia XZ Softbank firmware global akan mendapatkan update security patch lebih cepat daripada stock firmware Softbank.

4. Sudah bosan dengan firmware softbank dan memiliki rasa penasaran terhadap firmware global.

5. Jika sobat memiliki tambahan, silahkan tambahkan.

Jika alasan sudah jelas mari kita lanjutkan ke tutorialnya.
Tutorial ini dibagi menjadi 2 tahap

Ringkasan
1. Pra-Flash Sony Xperia XZ Softbank - persiapan alat dan bahan
2. Tutorial Flash Xperia XZ Softbank menggunakan firmware global.

Mari langsung saja.

Pra-flash Sony Xperia XZ Softbank dengan Firmware Global


1. Siapkan PC dan kabel USB. Kabel USB usahakan yang masih bagus dan tidak kontak-kontak arusnya.

2. Download dan instal xperifirm di PC. Xperifirm gunanya untuk mendownload firmware xperia. Link download xperifirm serta cara download firmware di xperifirm dan bundlingnya sobat bisa cek di Tutorial Download Firmware FTF di Xperifirm serta Cara Buat atau Bundiling FTF nya

Setelah firmware di bundling pastikan firmware berada di dalam folder C:/users/nama_pc_sobat/.flashtool/firmwares

3. Download dan instal sony flashtool beserta drivernya. Flashtool gunakan versi 0.9.25. Download flashtool disini dan tutorial instalasi bisa cek postingan kami sebelumnya Tutorial Lengkap Instal Sony Flashtool windows 7, windows 8, windows 10, dan Linux Ubuntu

4. Download dan instal driver manual Xperia XZ Softbank. Download driver manual disini. Tutorial instal driver manual cek postingan kami sebelumnya Tutorial Menginstal Driver Manual Flashtool Xperia. Kita harus menginstal driver manual karena flashtool tidak meyediakan driver untuk Xperia XZ.

5. Pastikan baterai Xperia di atas 50%.

Setelah menyiapkan alat dan bahan mari kita lanjutkan dengan tutorial inti yaitu flashing

Tutorial Flash Sony Xperia XZ Softbank dengan Firmware Global


1. Buka Flashtool. Pada saat pertama kali membuka flashtool pastikan koneksi internet aktif agar data device pada flashtool tersingkronisasi. Singkronisasi pada flashtool agak memakan waktu tergantung kecepatan koneksi internet juga. Kuota yang termakan kira-kira sebesar 130-200MB

2. Klik logo petir atau logo flash pada sudut kiri atas. Lalu pilih flashmode. Maka jendela firmware selector akan muncul.



3. Pilih firmware yang sudah di bundling tadi. Klik panah-panah kecil di samping kiri agar build number keluar lalu klik pada build number tersebut.

4. Centang semua opsi wipe sin agar flash bersih. Opsi yang lain abaikan saja.



5. Lalu klik flash. Maka flashtool akan menyiapkan firmware untuk di flash. Tunggu sejenak.



Jika, sudah muncul jendela untuk mencolokkan Xperia, matikan Xperia setelah benar-benar mati, colokkan xperia ke PC sambil menahan volume bawah.



Flashing akan berjalan secara otomatis dan tunggu saja prosesnya.

6. Jika bar hijau sudah kosong dan sudah ada tulisan flash finished pada log flashtool berarti flashing sudah selesai. Biasanya akan menyala sendiri. Jika tidak menyala maka nyalakan xperia.

E:\[XPERIAEDGE]\xperia 2016\XPERIA XZ\XZ AU\XZAU19.jpg

Sampai sini Xperia XZ Softbank berhasil di flash. Booting pertama agak memakan waktu jadi santai saja.

Jika sobat mendapati kekeliruan atau hal-hal yang tidak mengerti sobat bisa berkomentar di kolom yang xperiaedge sediakan di bawah.

NO SONY NO PARTY