Keuntungan dan Kerugian Rooting Smartphone Android

Masih ragu untuk melakukan rooting terhadap smartphone? Simak ulasan berikut ini mengapa sobat harus melakukan rooting terhadap smartphone android sobat.
Masih bingung mau ngeroot xperia? Masih ragu? Jengkel dengan keterbatasan akses? Sebelum kita menuju ketahap rooting mari kita simak dahuku keuntungan dan resiko rooting smartphone android.

Rooting smartphone android memiliki banyak sekali keuntungan dari mukai personalisasi tampilan, memasang tweak, meningkatkan performa, dsb. Dibalik keuntungan serta kelebihan itu semua anda harus tau rooting smartphone juga memiliki resiko yang cukup serius. Bagaimana tidak, rooting berarti anda telah mengizinkan aplikasi mengubah file-file sistem bawaan android yang mana jika tidak hati-hati dalam proses eksekusi maka android anda akan mengalami softbrick  (bootloop) atu hardbrick (mmc dead).


5 Alasan mengapa harus melakukan rooting


1. Menginstal dan menjalankan aplikasi spesial yang  tidak ada di playstore.

Inilah alasan yang paling admin sukai. Mengapa? Karena kita dapat menjalankan suatu aplikasi yang mana fitur-fiturnya sangat istimewa salah satu diantaranya adalah aplikasi fsbi dengan aplikasi ini kita dapat mengubah status bar dengan leluasa dari mngganti icon hingga mewarnai status bar pun bisa dilakukan dengan aplikasi ini. Fsbi ini hanya dapat dijalankan di ponsel yang sudah di root. 
Aplikasi-aplikasi hacking pun banyak yang meminta akses root agar dapat dijalakan seperti wps/wpa tester, dengan aplikasi ini kita dapat membobol wifi tetangga dengan fitur wps aktif. Itupun fitur istimewanya hanya dapat digunakan di android yang sudah di root.

2. Blokir total iklan

Ketika asik-asiknya bermain game tiba-tiba kehabisan koin ataupun tiba-tiba iklan yang tidak bermanfaat muncul dan yang bikin jengkel nya iklannya nggak bisa di skip. Cukup sudah anda alami hal itu. Dengan rooting android anda dapat menggunakan aplikasi adway yang mana aplikasi ini memblokir semua iklan yang berada pada android. Apapun jenis iklannya dimanapun dia berada tidak akan muncul setelah anda menggunakan adway ini.

3.kustomisasi tampilan android

Dengan rooting anda bisa melakukan kustomisasi penuh pada android bahkan anda dapat mengubah smartphone android anda yang bermerek “adnan” berpenampilan seperti “oddo”,“samsul”, bahkan bisa menjadi xperia. Untuk mengubahnya anda membutuhkan custom rom. Custom rom hanya dapat terinstal di android yang sudah di root dan terpasang custom recovery.

4. Memori Internal jadi lebih lega

Percaya atau tidak tapi ini nyata. Dengan rooting anda dapat menghapus aplikasi bawaan android dari aplikasi yang tidak penting hingga aplikasi yang paling penting pun dapat dihapus apabila sudah melakukan rooting. Dengan terhapusnya aplikasi bawaan maka memori internal akan menjadi lebih lega. Bahkan anda dapat menambahkan memori internal dengan cara swap kartu sd ke internal dengan aplikasi link2sd.

5. Baterai lebih tahan lama

Siapa yang tidak senang kalau baterai yang biasanya habis 1 jam bisa berubah tahan hingga 3 jam. Fitur ini bisa anda dapatkan dengan rooting serta gunakan aplikasi greenify dan Lspeed. Dengan aplikadi tersebut anda dapat mematikan aplikasi-aplikasi yang tidak dibutuhkan serta boros daya. Hal inilah yang menyebabkan batrai akan lebih awet

Sebenarnya masih banyak lagi keuntungan dari rooting android jika anda masih ingin mengetagui nya silahkan root android anda dan bereksplorasilah. Sekarang, mari kita bahas tentang resiko rooting smartphone.




Resiko rooting smartphone android


1. Hilangnya garansi smartphone

Jika anda sudah melakukan rooting dalam masa garansi lalu mengalami brick jangan heran jika official service center meminta bayaran untuk memperbaiki android anda. Hal itu terjadi karena anda sudah melakukan rooting. Intinya melakukan rooting dapat menghanguskan garansi smartphone.

2. Mengalami brick

Sebenarnya ini tidak terlalu menjadi masalah apabila android anda mengalami softbrick atau bootloop. Yang masalah itu jika android anda mengalami hardbrick atau mmc dead bahasa yang lebih mudahnya rusak mesin atau rusak mmc. Untuk memperbaiki softbrick susah-susah gampang yang perlu anda lakukan hanya flashing dengan pc dan anda harus teliti dalam melakukannya agar softbrick tadi tidak menjadi hardbrick. Jika android anda mengalami hardbrick maka bersiap-siaplah.

3. Keamanan smartphone berkurang

Jika anda sudah melakukan rooting pastikan anda tidak mendownload aplikasi dari sembarang situs. Karena beberapa aplikasi yang anda butuhkan mungkin sudah diedit disuntikkan virus kedalamnya yang mana virus ini dapat mencuri data-data pada smartphone android anda dan juga dapat memunculkan iklan yang sangat berlebihan pada perangkat anda. Ini terjadi apabila smartphone anda telah diroot. Jadi, download lah aplikasi yang anda butuhkan di situs-situs terpercaya seperti playstore, xda, 4pda dll

4. Tidak bisa melakukan update OTA (On The Air)

Jika anda sudah melakukan rooting. Jangan sesekali anda melakukan update ota atau update langsung dari android karena hal teraebut dapat menyebabkan brick pada android anda. Jika anda hendak melakukan update jangan root dulu android nya. Update terlebih dahulu setelah itu rootlah android anda.


Sudah bisa melakukan pilihan mau root atau tidak root? Pilihan ada di tangan anda. Saran admin jika hendak melakukan rooting pastikan anda memiliki salah satu alasan diatas, pastikan juga masa garansi telah habis, dan pastikan juga smartphone yang ingin anda root bukan smartphone mahal. Cukup sekian postingan kali ini. Semoga bermanfaat. Jika anda punya pertanyaan mengenai postingan ini atau lainnya silahkan tanyakan di kolom komentar yang sudah saya sediakan dibawah