Tutorial Lengkap Root Xperia Z1 Compact, Z1 Compact Docomo, A2 Docomo, dan J1 Compact Docomo

Xperiaedge akan menjelaskan bagaima cara root sony xperia z1 compact, z1 compact docomo, A2 docomo atau z2 compact, dan j1 compact docomo
Kerap kali setingan ponsel bawaan pabrik sangat kurang bagi kita bahkan tidak memuaskan sama sekali baik dari segi fitur smartphone maupun tampilannya. Tidak terkecuali pada xperia z1 compact. Menurut Xperiaedge sendiri dalam urusan game hd smartphone xperia yang berprosesor qualcom snapdragon 801 ini bisa dibilang kurang dibandingkan xperia Z2 yang berprosesor sama. 

Keterbatasan inilah yang membuat Xperiaedge ingin melakukan rooting terhadap xperia z1 compact dan memasang tweak-tweak nya. Xperiaedge tidak memfokuskan untuk  permasalahan gaming. Tapi, kali ini Xperiaedge akan membagikan tutorial bagaimana cara root xperia z1 compact.


Sebelum Xperiaedge meneruskan  alangkah baiknya sobat tau untung ruginya rooting smartphone android.
**untung rugi root android

Oh iyaa,, sebelumnya banyak sekali yang keliru tentang xperia z1 compact docomo, xperia a2, xperia z2 compact,dll. disini Xperiaedge akan menjelasakna terlebih dahulu kekelirua tersebut,, yang sudah tau langsung ke tutorialnya aja.

Xperia z1 compact(D5503) = versi global

Z1 compact docomo (SO-02F)= versi jepang, awal mula dibuatnya khusus untuk orang jepang dan memakai operator jepang. Karena sudah di unlock sim nya makanya bisa menggunakan kartu sim operator indonesia. 

Jika xperia z1 compact docomo sobat banyak sekali tulisan jepang nya berarti xperia sobat menggunakan Firmware (OS) jepang. Kalau tidak ada berarti menggunakan Firmware global dan pasti nfc nya tidak aktif. 

Sebenarnya ada juga z1 compact au dan softbank sama saja dengan docomo. Tapi, Xperia z1 compact au dan Softbank tidak masuk ke dalam pasar hp seken indonesia. oleh karena itu kedua tipe xperia tersebut tidak tampak di indonesia.

Xperia a2 docomo= para seller kerap kali menyebutnya z2 compact. Sebenarnya xperia ini sama aja dengan z1 compact docomo hanya berbeda pada desain body  dan Firmware bawaannya saja. Biasanya xperia ini sudah diinstal dengan Firmware z1 compact global.

Xperia j1 compact docomo = ini sama juga dengan xperia z1 compact docomo dan hanya beda Firmware bawaannya saja. Biasanya juga sudah terinstal Firmware z1 compact global.

Semua tipe xperia diatas bisa di root dengan tutorial yang saya bagikan ini.

Simak tutorialnya dibawah ini.

Cara Root Xperia Z1 Compact, Xperia Z1 compact Docomo, Xperia A2 docomo, dan Xperia J1 Compact

1. Download kingroot disini
Apabila link error silahkan cari di google kingroot 4.5.2. Sebaiknya jangan gunakan versi 5.x.x karena tidak bisa di replace dengan SuperSU. Kecuali, jika sobat tetap ingin mennggunakan kinguser. Di replace dengan SuperSU karena lebih stabil daripada kinguser.

2. Instal Kingroot yang telah di download tadi.

3. Hidupkan koneksi internet. Buka aplikasinya lalu klik tombol bulat besar yang berada di tengah untuk melakukan rooting.

4. Tunggu sejenak hingga pop up centang muncul. Jika sudah muncul berarti xperia z1 compact sobat sudah berhasil di root. Agar lebih yakin lagi download aplikasi root cheker disini lalu cek status root nya.

Setelah selesai rooting mari kita replace dengan SuperSU agar lebih stabil.

Replace Kingroot dengan SuperSU

1. Download terminal emulator disini

2. Download file replace nya disini.

3. Ekstrak file replacesupersu.zip di memori internal. sobat bisa ekstrak menggunakan rar download disini.




4. Buka terminal emulator nya. Ketik 
su  

maka terminal emulator akan meminta akses root. Klik saja “grant” atau “izinkan”




5. Ketik lagi 
sh /sdcard/mrw/root.sh

6. Tunggu sejenak. Apabila terjadi error pada saat eksekusi abaikan saja. Kecuali, error langsung terjadi dan script tidak berjalan berarti bisa jadi perintah nomor 5 salah di ketik ataupun akses root belum diizinkan.



7. Jika sukses maka SuperSU akan terbuka otomatis. Apabila ada pemberitahuan update binary maka update saja binary nya. 




8. Apabila Muncul seperti gambar dibawah klik ok agar Kinguser terhapus. 




Sekarang sobat bisa menjalankan aplikasi yang membutuhkan akses root. 
Xperiaedge menyarankan agar hati-hati saat mendownload aplikasi di market eksternal apalagi jika sobat mendownload aplikasi di situs-situs yang banyak iklannya bisa jadi xperia sobat terinjeksi virus.

Jika sobat masih bingung tentang cara root xperia z1 compact silahkan berkomentar di kolom yang Xperiaedge sediakan dibawah.