Tutorial Flash Sony Xperia Z3 (D6603/D6653), Xperia Z3 Dual (D6633/D6683), dan Xperia Z3 Docomo (SO-01G) dengan Firmware global dan docomo.

Pada kesempatan kali ini Xperiaedge akan memberikan tutorial bagaimana cara mudah flash Sony Xperia Z3, Xperia Z3 Dual, Xperia Z3 AU dan Z3 Docomo
Tutorial ini sudah kami uji dan berhasil tanpa kendala. Pada Xperia Z3 Docomo menggunakan firmware global dan Docomo  dan pada Xperia Z3 menggunakan firmware Z3 Global. Untuk Xperia Z3 Dual juga bisa menggunakan tutorial ini walaupun belum tested.

Langsung saja siapkan file dan tool dibawah ini.

Pra-flash Sony Xperia Z3, Xperia Z3 dual, Xperia Z3 AU dan Xperia Z3 Docomo


  1. Siapkan PC dan Kabel USB
  2. Download  dan instal Sony Flashtool beserta drivernya. Link download serta tutorial instalasi bisa cek disini Tutorial Lengkap Instal Sony Flashtool windows 7, windows 8, windows 10, dan Linux Ubuntu
Pada tutorial  xperiaedge menggunakan flashtool versi 0.9.25 tapi kami juga pernah menggunakan flashtool versi 0.9.18 untuk flashing Xperia Z3. Jadi, jika sobat tidak berhasil dengan flashtool versi 0.9.25 silahkan gunakan versi 0.9.18.
  1. Download firmware dibawah ini.
Xperia Z3 (D6603)
Xperia Z3 Dual (D6633)
Firmware Xperia Z3 Docomo bisa cek di ftf.andro.plus
Firmware yang sudah didownload pindahkan ke C://users/nama_pc/.flashtool/firmwares
  1. Pastikan baterai Xperia diaras 50% untuk jaga-jaga biar aman.
Mari langsung saja kita masuk ke tutorialnya.

Tutorial Flash Sony Xperia Z3 (D6603), Xperia Z3 Dual (D6633), dan Xperia Z3 Docomo (SO-01G) dengan firmware global dan docomo.

  1. Buka flashtool, pada saat pertama kali buka flashtool pastikan koneksi internet aktif untuk singkronisasi agar firmware bisa terdeteksi nantinya. Khusus untuk pertama kali saja ya sob.
  2. Klik logo petir atau logo flash pada sudut kiri atas. Lalu pilih flashmode.
  3. Klik pada firmware Xperia Z3 klik saja panah-panah kecil hingga muncul build numbernya lalu klik pada build number.



  4. Centang semua opsi wipe agar flash bersih. Opsi lain abaikan saja. Ingat abaikan saja. Lalu klik flash.
  5. Tunggu sebentar, flashtool menyiapkan firmware untuk di flash. Jika sudah muncul jendela untuk mencolokkan Xperia, matikan Xperia lalu colokkan menggunakan kabel USB sambil menahan volume bawah maka led hijau akan menyala. Proses flashing akan otomatis berjalan. Tunggu saja hingga selesai.



Jika sudah ada tulisan “flash finished” pada log flashtool berarti flashing sudah selesai. Cabut kabel USB lalu nyalakan Xperia Z3 sobat.

Sampai disini kita sudah berhasil melakukan flashing terhadap Xperia Z3 Series. Semoga tutorial ini bermanfaat. Jika ada kesilapan serta kebigungan silahkan berkomentar dikolom yang xperiaedge sediakan dibawah.