Tutorial Flash Sony Xperia Z5 (E6653), Xperia Z5 Dual (E6683/E6633), Xperia Z5 AU (SOV32), Xperia Z5 Docomo (SO-01H), dan Xperia Z5 Softbank (501SO)

Mari kita kupas tuntas tutorial flash sony xperia z5 single, xperia z5 dual, xperia z5 au, docomo, dan softbank.
Pada kesempatan kali ini xperiedge akan membagikan tutorial bagaimana cara flash Sony Xperia Z5 semua varian. Sedikit penjelasan tentang flash, flash merupakan salah satu upaya memperbaiki smartphone yang mengalamai keruskan software atau software error atau untuk menginstal ulang, upgrade, downgrade sistem operasi pada suatu smartphone.

Tutorial ini sudah tested pada Sony Xperia Z5, Xperia Z5 Dual, Xperia Z5 Docomo. Untuk Xperia Z5 AU dan Xperia Z5 Softbank silahkan dicoba sendiri. Menurut kami pasti berhasil karena masih keluarga seri Z5.



Pada tutorial ini kami menggunakan Xperia Z5 sebagai peraga. Silahkan Cocokkan saja firmware yang akan di flash pada Xperia Z5 Sobat.

Berikut adalah flash Xperia Z5 yang berhasil dengan firmware tertentu

Flash Xperia Z5 Global dengan firmware Z5 global
Flash Xperia Z5 Dual dengan firmware Z5 Dual
Flash Xperia Z5 Docomo menggunakan firmware Xperia Z5 Japan Docomo
Flash Xperia Z5 Docomo menggunakan firmware Xperia Z5 Global
Flash Xperia Z5 AU menggunakan firmware Xperia Z5 Japan AU
Flash Xperia Z5 AU menggunakan firmware Xperia Z5 Japan Docomo (Harus Flash Baseband AU)
Flash Xperia Z5 AU menggunakan firmware Xperia Z5 Global
Flash Xperia Z5 Softbank menggunakan Xperia Z5 Japan Softbank
Flash Xperia Z5 Softbank menggunakan Xperia Z5 Japan Docomo (Harus Flash Baseband Softbank)
Flash Xperia Z5 Softbank menggunakan Xperia Z5 Japan AU (Harus Flash Baseband Softbank)

Baca juga : Keuntungan dan Kerugian Root pada Smartphone Android

Sebelum melanjutkan, kami ingatkan kami tidak bertanggung jawab apabila terjadi kerusakan pada smartphone Xperia Sobat. Kami hanya berbagi pengalaman tutorial yang pernah berhasil kami lakukan.

========================DO WITH YOUR OWN RISK========================


Mari kita teruskan

Pra-flash Sony Xperia Z5, Xperia Z5 Dual, Xperia Z5 Docomo, Xperia Z5 AU, dan Xperia Z5 Softbank


1. Siapkan PC dan Kabel USB. Kabel USB siapkan yang bagus jangan yang putus-putus arusnya.
2. Download dan instal Sony Flashtool beserta driver di PC. Link download serta tutorial instalasi dapat dilihat pada Tutorial Lengkap Instal Sony Flashtool windows 7, windows 8, windows 10, dan Linux Ubuntu
3. Download firmware Xperia terlengkap di Xperifirm. Link download serta tutorial download firmware menggunakan Xperifirm bisa cek Tutorial Download Firmware FTF di Xperifirm serta Cara Buat atau Bundiling FTF nya E6653 untuk Xperia Z5 Single SIM dan E6633/E6683 Xperia Z5 Dual
untuk Xperia Z5 Au (SOV32), Softbank (501SO), dan Docomo (SO-01H). Bisa download di ftf.andro.plus 
4. Pastikan baterai di atas 50%

Tutorial Flash Sony Xperia Z5, Xperia Z5 Dual, Xperia Z5 AU, Xperia Z5 Docomo, dan Xperia Z5 Softbank


1. Buka flashtool. pada saat pertama kali buka flashtool setelah instalasi. aktifkan koneksi internet agar data pada flashtool tersingkronisasi.
2. klik logo petir atau logo flash pada sudut kiri atas. Lalu pilih flashmode. 


3. Jika sudah memilih flashmode maka akan muncul jendela firmware selector. Pada opsi source folder cari folder lokasi firmware yang sudah di download tadi atau lebih mudahnya sobat bisa pindahkan firmware ke folder C:/users/nama_pc_sobat/.flashtool/firmwares agar otomatis terdetedksi. 

4. klik panah kecil-kecil pada opsi firmwares hingga build number firmware keluar lalu klik pada build number tersebut. 

5. Centang semua opsi wipe agar flash bersih dan tiada file sampah yang tersisa.


6. Klik flash. tunggu saja flashtool sedang menyiapkan firmware. Jika sudah muncul jendela untuk mencokkan xperia seperti di bawah ini. 


Matikan xperia. setelah benar-benar mati colokkan xperia Z5 sambil menahan volume bawah. Maka, proses flashing akan berjalan secara otomatis. Tunggu saja hingga selesai.


Jika bar hijau sudah kosong dan sudah ada flash finished pada log flashtool. berarti flash sudah selesai. Cabut kabel USB lalu nyalakan Xperia. Booting pertama memang agak lama. Jadi, santai saja dan jangan panik.


Sampai disini kita sudah berhasil flash Sony Xperia Z5 Global dan Xperia Z5 Japan Set yakni Docomo, au, dan Softbank. Xperiaedge berharap tutorial ini akan bermanfaat bagi sobat. Jangan lupa berkomentar jika sobat memiliki kesulitan melakukan flashing ataupun ada kerancuan dalam tutorial pada postingan kali ini.

NO SONY, NO PARTY